Senin, 21 Mei 2018

PENGGUNAAN PUPUK KOMPOS UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIFITAS BUAH KELAPA SAWIT

 Gambar 1: penggunaan jangkos pada perkebunan kelapa sawit

Indonesia adalah negara dengan luas perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia, banyak terdapat perkebunan kelapa sawit milik swasta dan pemerintah. dengan banyaknya penggunaan perkebunan kelapa sawit di indonesia ternyata berdampak juga dengan permintaan pupuk yang dilakukan oleh perkebunan kelapa sawit pemerintah dan perkebunan kelapa sawit swasta meningkat, alasannya yaitu karena peningkatan hasil kelapa sawit di pengaruhi oleh asupan pupuk yang di berikan pada tanaman kelapa sawit.

Gambar 2: peletakan jangkos pada perkebunan kelapa sawit 

Berlandaskan masalah tersebut ternyata penggunaan pupuk sebagai asupan tanaman sawit tidak hanya menggunakan pupuk kimia, bisa juga menggunakan pupuk organik. salah satunya yaitu penggunaan limbah tandan buah kelapa sawit sebagai pupuk organik ternyata mampu menghemat penggunaan atau pengeluaran pupuk kimia sebesar 10%. Hal tersebut telah disampaikan oleh PTPN XIII yaitu sebagai berikut: 
Referensi:
http://www.ptpn13.com/news-selengkapnya&c=0118050808110138677-penggunaan-kompos-dari-limbah-sawit-hemat-biaya-pupuk-10-.html
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner